internet marketing

Affiliasi itu bukan MLM

kamu kan mengajak orang untuk membeli barang oang lain, terus kamu dapat komisi dari sana, jadi itu MLM donk??

hehehehe,,, tentu aja beda, beda jauh sekali antara salah satu bisnis yang saya jalani (bisnis affiliasi) dengan bisnis MLM.

Inti affiliasi == komisi dari penjualan barang / jasa. Uang didapat dari biaya pembelian barang / jasa.

Inti MLM == komisi dari mengajak orang bergabung ke dalam jaringan bisnis tersebut. Uang diambil dari
biaya bergabung dan top-up.

Bisnis MLM didesain untuk menguntungkan upline Anda (sponsor), sedangkan affliasi menguntungkan semua pihak.

Sedangkan pada bisnis Affiliasi Anda tidak menguntungkan upline, tapi _menguntungkan diri Anda_ sendiri, dan tentunya pemilik toko.

MLM itu bisnis yang merugikan bawahan menguntungkan atasan. Sedangkan affiliasi adalah bisnis
yang sama-sama menguntungkan semua pihak.

Contoh konkrit sistem affiliasi ::

Katakanlah begini, saya punya sebuah toko komputer. Lalu saya tawarkan kepada Anda sebuah perjanjian, dimana jika Anda mengajak orang membeli di toko saya, maka akan saya berikan komisi 15% dari keuntungan.

Esoknya Anda mengajak, orang lain ( si X ) membeli komputer di toko saya senilai US$ 1000, lalu saya memberi Anda komisi 15% (US$ 150) dari nilai pembelian komputer saya. Sederhana bukan?

Kalau sudah begini, siapa yang untung? Semua pihak!

Pemilik toko untung karena sales meningkat. Affiliate untung karena mendapat komisi. Pembeli untung karena tidak bingung memilih.

Sama-sama untung semua, kan? =)

Contoh konkrit lagi ::

Beberapa waktu yang lalu teman saya menawarkan sebuah tas laptop untuk saya beli. Dia bilang itu bukan barangnya, tetapi barang temannya. Dia mendapat komisi untuk menjualan tas itu.

Nah dalam kasus ini, teman saya == affiliate. Temannya teman saya == merchant (pemilik produk).

Pemilik tas untung karena barang terjual. Teman saya untung karena bisa mendapat uang tanpa perlu repot membuat produk dan mendistribusikan stok barang.

Sama-sama senang kan? =)

Contoh __bisnis ONLINE real__ dgn sistem affiliasi ::

amazon.com >> toko buku dan elektronik online terbesar dunia, kalau di Indonesia mirip dengan Gramedia Online.

Amazon mengadakan program associate (affiliasi), yang bisa Anda ikuti di >>

affiliate-program.amazon.com/gp/associates/join

dia menyediakan komisi 10% untuk setiap buku / barang yang terjual di sana.

Yang kita perlu lakukan cukup mendaftar dii sana (gratis) lalu mempromosikan produknya, misalnya dengan memasang bannernya di web kita. Setelah itu kita berusaha mengarahkan pengunjung web kita untuk membeli produk tersebut. Dan setiap penjualan, kita akan mendapat komisi.

Saa sendiri menjalankannya, dan Anda basisa melihat contohnya di sebelah kanan sidebar saya, itu ada banner-banner affiliasi yang bisa Anda klik. Tapi hati-hati, jika Anda melakukan transaksi setelah mengklik banner tersebut, saya akan mendapat komisi :-D

Back to the topic. Jadi, apakah Anda masih akan mengatakan model bisnis affiliasi ala amazon ini sama dengan bisnis MLM? Bukan, jelas bukan. Amazon itu toko buku & elektronik online terbesar di dunia, tidak etis kalau ber-MLM!

Tidak ada yang mengatakan bahwa amazon itu bisnis MLM, sama sekali. Yah kecuali mungkin orang yang belum tahu bedanya MLM dan affiliasi =)

Jadi, masih beranggapan bahwa affiliasi == MLM ?
Buang anggapan itu jauh-jauh!

Ingat, tidak ada yang mengatakan perusahaan-perusahaan di atas berbisnis MLM. Tapi memakai sistem affiliasi. Sangat jauh berbeda.

Jadi, sudah tidak mengira MLM == affiliasi kan? Sip!

Jadi, apa sekarang Anda berminat mencoba berbagai bisnis affiliasi?

Berminat? Sip, mari kita menjadi super affiliate!

Seperti Rosalind Gardner yang mendapat US$ 500 RIBU setahun hanya dengan menjadi affiliate produk orang,
atau Jeremy Palmer yang menembus US$ 1 JUTA setahun dari menjual produk orang juga!

Masih tidak berminat untuk menjadi affiliate?

Ya, tidak apa2. Tapi kalau saya sih mau, sebab menurut MarketingSherpa.Com (komunitas marketing professional), pada tahun 2006 saja ada uang US$ 6,5 milyar beredar untuk komisi affiliasi di seluruh dunia.

wikipedia saja membedakan apa itu MLM dan Affiliate...

coba kamu cek definisinya di

http://en.wikipedia.org/wiki/Multi-level_marketing

http://en.wikipedia.org/wiki/Affiliate_marketing

Kalau mau tau lebih banyak tentang bisnis2 yang dapat menghasilkan uang dari internet, kamu bisa dapatkan rahasianya DISINI

Sumber : Haryoprabowo.com

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------- UangPanas.com berubah nama menjadi RahasiaPanas.com

0 komentar:

internet marketing

Find It